Cari Karya

Kamis, 26 Maret 2020

Michelle & Rifqi

Judul: IPA & IPS
Penulis: Chacaii_
Penerbit: Coconut Books
Cetakan: kelima, Mei 2018
Tebal: 330 halaman
Ukuran: 13 × 19 cm
ISBN: 978-602-6940-12-4

Katanya IPA dan IPS memang tidak pernah bersatu. Selalu ada kata seteru. Bahkan bisa menghancurkan pertemanan dengan sebab yang lalu. Tapi di antara semua itu. Yang paling lucu tetaplah kisah cinta antara dua kubu.

Ini cerita tentang Michelle dan Rifqy. Anak pindahan dari Jakarta itu kini masuk kelas 12 IPA 3 di sekolah barunya. Rifky (12 IPS 2) selaku ketua OSIS pun segera mendapat kabar tersebut saat istirahat. Tapi dia biasa saja sesaat sebelum bertemu langsung dengan Michelle.

Novel pertama dari penulis besutan wattpad ini secara keseluruhan mewakili konflik IPA&IPS selama ini. Detailnya cukup baik. Penggambaran suasananya juga menarik. Diksi yang dipilih pun dekat dengan remaja.

Namun, saking mewakili konflik IPA&IPS, alur cerita tampak membosankan. Beberapa bagian cerita juga bisa ditebak kelanjutannya. Tokoh yang disuguhkan juga terlalu banyak. Sehingga, pembaca mungkin bisa kesulitan membedakan tokoh karena tokoh pendukung kurang memiliki ciri khas.

Menurutku pribadi, novel ini aku rekomendasikan untuk teman-teman SMA yang ingin meraih friendship goal mereka. Dari novel karya Chacaii_, aku mendapatkan beberapa konflik yang bisa jadi referensi untuk calon novel pertamaku.

Oh iya, awal beli novel ini sebenarnya ya karena itu. Riset mengenai ceritaku di pasaran. Tapi belum ada satu pun cerita yang benar-benar mirip dengan ceritaku, akhirnya aku membeli novel “IPA & IPS” yang menurutku cukup dekat dengan rancangan ceritaku.

Novel ini sebenarnya sudah kubeli sejak Juli tahun lalu, tapi baru selesai kutamatkan Agustus. Dan, baru sempat dibuat resensinya sekarang-sekarang ini. Lantas, diunggah di blog sekarang banget. Jangan bosen-bosen sama konten-konten di blog ini ya.. 😁

#WriteFromHome #Day3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar